Kamis, 07 Agustus 2014

Langit Jakarta Saat Lebaran

Adakah yang memperhatikan langit Jakarta saat Lebaran?

Jakarta adalah kota yang super sibuk. Sekaligus super-polluted. Penduduk Jakarta yang 10+juta orang berdasarkan data BPS tahun 2011 ditambah dengan beberapa juta penduduk Bodetabek yang setiap hari keluar masuk Jakarta untuk mencari nafkah, menuntut ilmu, atau sekedar numpang lewat, membuat kota Jakarta harus menanggung beban environmental yang sangat berat.

Hitunglah jumlah kendaraan yang lalu lalang di Jakarta tiap detik, tiap menit, tiap jam. Ditambah dengan macet yang bisa berjam-jam. Tambahkan peningkatan jumlah kendaraan bermotor di Jakarta yang dipelopori oleh sepeda motor. Dan berbagai industri di seputar Jabodetabek yang menyangga kehidupan bukan hanya warga Jakarta, melainkan juga secara nasional. Tingkat polusi di Jakarta menjadi tertinggi di banding kota-kota lain di Indonesia. Bahkan artikel National Geographic menunjukkan Hanya 81 Hari Udara Jakarta Bebas Polusi . Luar biasa bukan?

Bersyukurlah, Indonesia tiap tahun punya hajatan akbar yang bernama Mudik Lebaran. Saat lebaran lah Jakarta bisa sedikit bernapas lega dari himpitan penduduk yang harus ditanggungnya, karena mayoritas pabrik libur, kendaraan dibawa ke kampung (atau kota) halaman. Tahun ini ditambah dengan hujan lebat yang mengguyur Jakarta saat lebaran.

Walhasil, saat libur lebaran, matahari sore terlihat keemasan. Cityscape Jakarta terlihat tidak berkabut dari tol Wiyoto Wiyono (Priok-Cawang). Dan malam hari bintang-bintang bersinar bertaburan. Hingga rasi Salib Selatan (Southern Cross) pun terlihat nyata Selasa malam kemarin.

Kini, penduduk Jakarta sudah kembali berdatangan seiring berakhirnya libur lebaran. Langit Jakarta berangsur kembali berkabut seiiring dengan berjalannya kembali roda ekonomi sekaligus perusakan alam. Walaupun mungkin bintang jarang terlihat, janganlah berhenti menatap langit. Seperti pepatah dari Oscar Wilde: "we are all in the gutter but some of us are looking at the stars" ... because the stars never lie....

Selamat menatap langit. Selamat kembali bekerja...

7 Agustus 2014

Tidak ada komentar: