Kamis, 25 Juni 2015

Trip Planning: Lombok

Due to so many requests and questions on Lombok Trip Planning,  gue bikin tulisan ini...  Intinya bukan gue kemana nya,  tapi option apa yg available di sana dan how to arrange it.

Jadi gini,  kemarin itu awalnya Julian yg browsing tiket dan hotel. Utk hotel,  Julian exclude Gili Trawangan,  karena for some strange reason,  dia merasa Gili Trawangan isinya cuma bule2 dugem kyk PhiPhi Island,  Thailand.  Dan kita bawa anak2 dan mama,  takut gak suitable.

Jadi Julian booking flight CGK-Lombok via traveloka (recommended!!)  dan cuma ada 2 flight yg direct,  yaitu Garuda dan LionAir (you know lah kita  pilih yg mana...  Kan kita cheapo).  Hehehhe...  Yg banyak itu stop over either di Sby atau Denpasar.  Tp you waste few hours of our precious leave.  Ya gak?

Akhirnya Julian decided booking 2 nights in Kuta (Novotel is the only hotel berbintang di area ini)  dan 2 malam di LivingAsia (north of Senggigi).  Both hotel have private beach.  Novotel isinya lbh banyak bule.  Kalo LivingAsia lbh banyak org Asia (the name is sort of like oracles for the resort). 

Hotel mah disana banyak.  Tapi di Novotel itu ada kamar yg 1 pintu masuk (connecting di dalam),  which we like,  tp di main building lt 3. Kayaknya the best room itu yg cottage2 di bawah dekat pantai (walaupun ada hearsay2 kalo rada2 gimana gitu). 

Kalo di LivingAsia kita dapat kamar yg 1 building atas bawah (sayangnya stairsnya di luar kamar) lengkap dg balcony dan milih ocean view (lbh mahal).  Tp Julian milih begitu (gue juga br tau belakangan)  hehehe..  Masalahnya,  he's busy planning for Lombok holiday,  when I'm busy applying  visa for US and Canada.  Gitu deh. 

Service bagusan di LivingAsia.  Kalo Novotel kyknya mereka lbh serve bule.  Mungkin itu perasaan gue doang.

Nah,  setelah itu,  Julian suruh gue bikin Itinerary utk di sana termasuk rental car.  Tapi krn gue gak terlalu  familiar (dan lebih cocoknya gak punya waktu utk browsing &  study sih),  jadi gue came across Lombok Friendly Tour and Travel.  Karena di Trip Advisor bagus,  nggeus wae gue email dia.  Btw gue terakhir ke Lombok itu 1996 amd many things have changed since then.

Contact Lombok Friendly Tour : Aziz +6281805245246 (owner),  dan Andy 08175767708 (driver)

Nah,  gue explain,  gue ama siapa aja,  usia berapa,  ber berapa,  kapan sampe kapan,  flight jam berapa dll. Dan gue specify,  gue gak mau monkey forest,  gak mau Sasak Tour,  gak mau peternakan mutiara,  penentuan,  dll.  Gue mau alam,  pulau,  hiking.

Jadilah dia nongol dg Itinerary sbb (lihat foto) .  Dan utk last day gue pilih Rinjani waterfalls as supposed to Gili Trawangan.

Menurut gue pake lokal tour operator save so many hassle misalnya nego ama tukang kapal,  (temenku baru kena tipu,  1.5jt large boat for 16 to Gili Trawangan,  jd dikasih medium boat)  - - -  FYI,  nyebrang dg Ferry umum ke Gili Trawangan cuma kena 25rb per orang sekitar 30mt. (speedboat 10mt). Lah..  Kan males banget tuh...

Kalo kalian keen of hiking to the summit of Rinjani,  mention that too..  Paket mereka bisa 2 malam 3 hari: Senaru - Segara Anak -  Summit -  Sembalun. Pergi dan pulang beda path.  Lengkap dg lokal guide,  porter,  bakar ikan di segara anak. Bahkan mereka bisa siapin tenda,  sleeping bag,  dll.  Kita tinggal bawa badan.  Yah..  Kemping2 ala usia 40+ deh..  Elit dikit...  (damn,  did I just disclose my age in my blog??!!  Arrgghhh)

Anyway..  Lombok is an exciting island that has been less explored.  Jadi di Selatan ada pantai2 indah Tanjung Aan dan Selong Blanak yg gue saranin.  (lihat blog gue di siennysentosa.blogspot.com).  Trus di Barat Daya ada Gili Nanggu,  Gili Kedis,  Gili Sudak,  Gili Tangkong (Gitanada: GIli TAngkong NAnggu suDAk),  yg bagus Gili Kedis dan Nanggu.  Kalo mau nginep di Nanggu juga  ada...  Terpencil banget..  Di Timur ada Rinjani.  Di Barat Laut ada Gili Air,  Meno,  Trawangan (yg lebih dulu ngetop).

This island gak habis2 exploring nya..  Dan again,  gue recommend pake lokal tour..  Hehehhe...

Thanks Hani Idajanti udah jadi pemivu tulisan ini,  and Igor Govinda Juwono,  this is for you.

Let me know how your itinerary turns out to be ya.. 

Tidak ada komentar: