Rabu, 26 November 2014

Gue Sekarang Isi Shell

Gue bukannya sombong,  ini kenyataan,  bahwa udah dua minggu ini,  gue isi bahan bakar untuk X-Trail 2006 bersejarah lungsuran dari suami,  dengan Shell.  Yang Super,  sih.  Belum yang V-Power. 

Sebagai gambaran,  Shell Super itu setara Pertamax,  dan Shell V-Power itu setara Pertamax Plus. (Lah kenapa gue malah promosi Shell? )

Anyway,  pindahnya gue dari premium Pertamina ke super Shell,  bukanlah berawal dari kenaikan BBM,  walaupun waktunya berdekatan.  Tapi gara-gara mobil gue yang diisi premium itu,  suatu hari ngadat.

Ya,  namanya mobil dipake,  gue maklum lah,  kalo sekali-kali ngadat.  Manusia aja kadang suka ngadat.  Masalahnya,  gue lumayan rajin menjajani mobil gue di bengkel resmi Nissan yang kebetulan deket dari rumah.  Bahkan terakhir,  gue udah kontrol 160rb km di bulan April 2014 (menurut catatan bengkel resmi).

Yang nyebelin,  adalah,  ngadatnya pas gue lagi nyetir ke Bandung,  di tengah jalan tol Cipularang.  Saat tanjakan,  otomatis gue gas supaya bisa mengejar truk di depan, tapi bukannya melaju,  malah berasa mundur ke belakang karena kecepatan menurun dan ada gaya kelembaman (jadi ingat pelajaran Fisika sama Pak Nyoo dan Pak Mariadi).

Untunglah saat itu,  kita mendekat dengan rest area di sekitar Km 80. Jadi langsung menepi.  Dalam deg-degan gue,  gue telepon Nissan Road Assistance,  dan telponnya sibuk.  Walhasil gue telepon Nissan di Bandung,  dan outlet pertama yang gue telepon kaga ada bengkelnya. Cuma showroom. 

Akhirnya dengan tabah dan tawakal,  gue telepon lagi,  kali ini outlet Nissan di Soekarno-Hatta Bandung.  Dan segera minta disambungkan ke SA (Service Advisor)..  (mengenai istilah-istilah bengkel,  gue rada gape,  karena dulu waktu kerja di Isuzu, temenannya sama bapak2 batak yg jadi kepala bengkel.

Setelah nanya dan curhat,  kecurigaan pertama dari bang SA adalah saringan bensin kotor,  karena saat jalan lurus (bukan tanjakan)  masih bisa mencapai 100km/jam (sambil ngeden).  Jadi akhirnya,  dengan memberanikan diri,  gue lanjut melaju ke Bandung.

Untung pulangnya ke Jakarta, karena banyak turunan,  mobil melaju lancar.  Masalah hanya saat tanjakan.

Saat besoknya kita masukkan ke bengkel langganan,  gue minta untuk sekalian "kuras tangki" (btw ini kuras tangki ke 2 sejak mobil ini gue yang bawa,  sebelumnya yg nguras mas2 Shop&Drive yang datang ke rumah,  karena mobil bermasalah juga).

Akhirnya,  Bang SA menanyakan pertanyaan kunci: "Ibu isi bensin di mana biasanya?".

Kemudian gue jawab,  di sinu dan di sono (2 lokasi Pertamina yang terdekat dari rumah). 

"Ibu lain  kali jangan ngisi di sinu dan di sono,  Bu.  Waktu itu ada Nissan Juke yang sampai pompa injeksi nya kena karena tangki bensin ada airnya setelah isi di sono."

Dhuar !!! Barulah gue sadar,  bahwa tulisan "Pertamina" ,  dan "Pasti Pas" ,  bahkan senyum "Mulai dari 0",  gak berarti mereka baek ama elo.  Itu cuma asesori doang.

Jadi sejak saat itu,  mulailah gue isi Shell.  Secara,  gue mamak2 setengah baya. Kalo kendaraan ada apa2 di jalan,  deg-degannya dan jantungan gue,  serta kenaikan tensi darah gue,  gak setara dengan kenaikan selisih bensin kalo gue pake bensin yg lebih reliable.

Gak semua SPBU Pertamina brengsek sih. Tapi ya gitu deh....

4 komentar:

I Lung mengatakan...

wahahhaa...mobil ningrat jangan di isi bensin rakyat bu :D

Avanza ku udah dari tahun 2007 makan Premium juga gpp. Memang beberapa mobil gak cocok minum premium, apalagi yang dari Europe karena butuh oktan tinggi plus unleaded (Pertamina mah pasti akeh lead alias timah hitam)

Nissan sama Mitsubishi itu upper class Japanese car, jadi ya ora iso ngombe es sirup pasar. wkwkwk.

Sienny Sentosa mengatakan...

Wkwkkw.. Jare bojoku, pajak penghasilan yg dia bayar cukup buat nalangin subsidi bbm yg gue pake. Wkwkkw

ahauw mengatakan...

Mobilku isi pertamax. Kadang shell, kalo kepepet (sama isi dompet) baru premium.
Gara2 intake-nya Kotor. Dan jadi gak enak dibawanya. Disaranin isi octane tinggi

Sienny Sentosa mengatakan...

Iya sih, Hauw , kalo pake Shell, mesinnya Smooth bawanya. Memang abal-abal kok. Hehehe