Kamis, 25 Agustus 2016

Begini Rasanya Ditinggal Anak




Sebenernya cerita ini adalah flashback dr perjalanan Adeline mengikuti summer camp di Norwegia tgl 30 Jun - 24 Jul 2016 lalu. Tetapi karena safety issue, semua social media posting is discouraged demi keamanan anak2 yang mengikuti summer camp. Jadi gue baru posting sekarang.

Kita semua yang pernah muda pasti tahu radanya ditinggal pacar dan kemudian harus LDR. #eaaa... gak enak kan? Ditinggal anak lebih gak enak lagi. Suwer!!.. Apalagi dalam program ini, program koordinator menganut "No news is good news". Terlebih lagi dengan no gadget policy dan no communication with home selama program.


Saat pesawat mulai take off, seperti orang gila gue following the plane path via FlightStats. Wondering how she is doing inside airplane. If she warm enough for the trip, etc. 


Malam itu, setelah keberangkatannya, gue (yang biasanya begitu diem dikit langsung pules) nyaris gak tidur semalaman, kebangun tiap jam dan ngecek dia di mana. Edan kan? Untungnya besoknya udah mulai bisa tidur. 

Satu-satunya kabar kita terima dari program coordinator. Foto mereka nunggu boarding di CGK, transit di KUL, transit di AMS. Setelah itu gak ada news.


Sebetulnya ada blog program. Dan gue seperti orang gila sehari beberapa kali membuka website yang gak tiap hari diupdate *cobalah ngana bayangkan!!*

Sekalinya kita pergi berlibur tanpa anak gadis, saat kita memperbolehkan anak2 lanang beli permen di C*nd*licious, gue juga beli satu kantong sampe bapaknya anak-anak kaget kok mamanya ngikut doyan. Dan aku bilang: "ini untuk anak gadis" yang setelah itu diketawain karena anak gadis mah entah kapan pulangnya, masih lama banget.

Belum lagi setiap beberapa hari sekali, masuk ke kamar anak gadis dengan perasaan nostalgic... melihat sekeliling dan memikirkan sedang apa dan di mana dirimu yang slalu kurindu.. *nyanyi seperti Sammy Simorangkir*... hahahha

Saat camp akan berakhir, yang terasa adalah mixed feeling antara dia yang mau pulang ke pelukan, dan dia yang akan bersedih meninggalkan teman-teman di camp. Trman-teman yang 3 minggu sebelumnya awkward dan malu-malu, dan harus berpisah di zenith keakraban mereka (sebelum banyak konflik muncul kalau diperpanjang sampai jangka waktu tidak tertentu).



Begitu Flightstats menunjukkan pesawat BGO-AMS sudah bergerak, serasa melonjak hati ini. Perasaan semakin berdebar saat pesawat bergerak sepanjang jalur AMS-KUL. Ngalah-ngalahin deg-degannya menunggu pacar jaman baheula. Sumpah.


Dan lebih uring-uringan lagi saat penjemputan yang nyaris terlambat dan salah terminal (kita epic fail)... tetapi semua terbalas dengan nguwel-nguwel kepala anak gadis yang udah gak mandi puluhan jam. 


Dan malam harinya, membaca komentar semua temannya di buku BrokenPlanet nya.. I know you're gonna be okay.. 



May be deep down inside ada hal-hal yang selalu dikhawatirkan seorang ibu, worry because the unknown future, fear karena gak bisa melindungi anak lagi. But sometimes, there are things that better left unanswered and best left to God's hand.

29 July 2016
Mellow Mama

Tidak ada komentar: